Cara mudah menulis Karya Tulis Ilmiah bagian 1

GET IDEA

Dalam menulis karya ilmiah, langkah pertama yang harus kita tempuh adalah mencari sebuah ide. Memang tidak bisa dipungkiri bahwa ide itu sangat sulit untuk dicari. Tapi, yang perlu kita pahami bersama adalah, semakin sering kita berlatih dan peka terhadap sekitar, maka ide bukan lagi hal yang sulit untuk dicari.

 

Adapun beberapa tips dan trik menemukan sebuah ide diantaranya :

  • Perhatikan sekitar


Tanpa kita sadari, disekitar kita banyak sekali hal yang sebenarnya bisa dijadikan ide. Ide berasal dari permasalahan yang membutuhkan sebuah solusi. Analogi paling dasar yaitu: Roda diciptakan untuk membantu manusia memindahkan barang. Rumah diciptakan untuk membantu manusia berteduh. Begitupula seterusnya. Setelah itu kita hanya perlu menyangkutkannya dengan kehidupan sekitar.

Contoh real :

Permasalahan      : Anak disabilitas kesulitan untuk membaca

Solusi                    : Membuat media untuk mempermudah proses membaca

Cara mewujudkan          : Mempelajari penyebab kesulitan membaca, mengetahui proses membaca anak disabilitas, menghubungkan permasalahan yang ada, menentukan solusi yang tepat.

Setiap proses tersebut harus dilalui satu per satu, bila salah satu tidak dilalui maka ide yang didapatkan kurang baik. Contohnya kita punya ide untuk membuat manusia terbang, tapi kita tidak tau cara mewujudkannya, tentu hal itu hanya akan menjadi sebuah mimpi bagi kita. Melalui proses dasar itulah kita belajar bagaimana mencari sebuah ide yang realistis dan bisa wujudkan, bukan khayalan belaka.

  • Adopsi ide yang telah ada sebelumnya


Ide tidak juga harus didapat dari apa yang ada disekitar kita. Ide juga bisa diperoleh dengan mengadopsi ide sebelumnya. Contoh: Kamus bahasa Inggris-Indonesia diadopsi menjadi kamus bahasa Indonesia-Madura. Dengan konsep yang sama namun digunakan untuk kebutuhan berbeda.

  • Ciptakan ide yang baru


Untuk tataran yang lebih tinggi, ide bisa diciptakan sendiri. Mungkin tahap ini sangat sulit untuk dicari, selain kita harus mempunyai pengetahuan yang luas, kita juga harus memperhatikan tingkat kebutuhan di masyarakat. Artinya, kita juga membutuhkan riset terlebih dahulu. Contoh ide baru ini adalah alasan pertama kali Facebook diciptakan atau Google pertama kali dioperasikan.

0 Komentar